aplikasi zoom

Ketahui Cara Menggunakan Zoom dengan Baik dan Benar Bersama Dedi Yudianto

Diposting pada

Di tengah-tengah pandemi global covid 19 ini, ruang gerak masyarakat menjadi sangat dibatasi. Banyak perusahaan/instansi yang berhenti beroperasi dan meliburkan para pegawainya demi mencegah penularan wabah yang sangat masif. Pemerintah pun bahkan menganjurkan para masyarakat untuk bekerja dari rumah atau lebih dikenal dengan istilah WFH (Work From Home).

Tak terkecuali dengan lembaga pendidikan. Para murid dan mahasiswa pun juga diliburkan oleh pemerintah dan melanjutkan kegiatan belajar mengajar di rumah. Namun, untungnya semua lika-liku tersebut bisa teratasi dengan hadirnya satu aplikasi yang bernama Zoom.

Yuk Ketahui Cara Menggunakan Zoom dengan Baik dan Benar Bersama Ir Dedi Yudianto MBA

Zoom merupakan layanan konferensi yang bisa dilakukan dengan video dan audio. Kualitas dari Zoom sendiri juga bisa dibilang sangat baik dengan mampu menampung hingga 100 peserta dalam 1 room.  Meski begitu, aplikasi ini cukup ringan dan bisa digunakan di smartphone/laptop dengan spesifikasi yang minimum.

Zoom juga berfungsi dalam berbagai jenis kegiatan. Mulai dari kuliah/les, rapat kerja dengan client, bahkan sebuah rapat kenegaraan pun bisa dilakukan dengan Zoom. Melansir dari kompas, diketahui Presiden Joko Widodo kerap kali menggunakan Zoom untuk melakukan rapat bersama pejabat pemerintah lainnya.

Baca juga:  Pengertian Megapixel Pada Kamera Digital

Meski sudah merebak dan umum digunakan, tapi ternyata masih ada beberapa orang yang tidak tahu cara menggunakan Zoom. Pada kesempatan kali ini, Ir Dedi Yudianto MBA berbagi bahasan tentang bagaimana cara menggunakan Zoom dengan baik dan benar.

Cara Bergabung Ke Dalam Instant Meeting

1. Buka Aplikasi Zoom

Bila kalian menggunakan smartphone Android/IOS, maka kalian harus mendownload aplikasi Zoom terlebih dahulu di Play store ataupun App store. Tapi bila anda menggunakan laptop/PC, maka kalian bisa langsung pergi ke website resminya tanpa harus mendownloadnya.

2. Sign Up Akun Kalian

Sebenarnya untuk bergabung dalam instant meeting, kalian bisa melakukannya tanpa harus sign up. Namun jika kalian mau membuat akun zoom, maka kalian bisa sign up terlebih dahulu.

3. Klik Join Meeting

Setelah kalian mengklik join meeting, kalian akan langsung diminta mengisi ID meeting. Kalian bisa meminta ID nya pada host/orang yang membuat meeting room.

Baca juga:  Hasil Lensa Manual Fujinon 55mm f/1.8

Fitur-fitur Di Dalam Zoom

1. Host a Meeting

Kalian bisa langsung mengadakan meeting dengan mengklik host a meeting. Untuk mengundang peserta ke dalam meeting, kalian hanya perlu menyalin link dari meeting yang dibuat pada para peserta.

2. Mengatur Ulang Jadwal Meeting

Kalian juga bisa mengatur jadwal meeting sendiri kapan pun dan di mana pun. Yang terpenting, kalian hanya perlu menyesuaikan jadwal yang sesuai dengan para peserta lainnya. Berikut adalah cara mengatur meeting dalam zoom:

  • Masuk ke dalam Zoom dan login
  • Klik schedule a meeting
  • Isi topik dan jadwal meeting seperti gambar di bawah

Untuk topic meeting kalian bisa menggunakan (nama kalian) meeting room, seperti contoh di atas yakni Dedi Yudianto meeting room. Setelah itu, kalian bisa menyesuaikan jadwal dan waktu meeting.

3. Melakukan Meeting Tanpa Video

Di Zoom kalian pun juga bisa melakukan meeting tanpa video, tapi hanya dengan menggunakan audio saja. Kalian tinggal memilih opsi “start with no video” di hompage Zoom. Adapun beberapa pilihan yang ditawarkan opsi tersebut sebagai berikut:

  • With Video Off: Meeting hanya dengan suara dan tanpa video
  • With Video On: Meeting baik dengan suara ataupun video
  • Screen Share: Berbagi konten hanya dengan via suara dan tanpa video
Baca juga:  ISO Sebagai Pengukur Kepekaan Sensor Kamera Terhadap Cahaya

Nah, itu tadi adalah pembahasan mengenai cara menggunakan Zoom yang baik dan benar ala Ir Dedi Yudianto MBA.

Di tengah masa-masa sulit ini, kita memang dituntut untuk melakukan semua pekerjaan di rumah. Oleh karena itu, Zoom turut hadir dalam memudahkan pekerjaan kita selama pandemi Covid 19 ini.

Info lainnya: bersama Dedi Yudianto Mengupas Manfaat Aplikasi Cek Tiket

 

Menggunakan Zoom dengan Baik dan Benar Bersama Dedi Yudianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *