Mengenal Mode Program Kamera DSLR– Mode termudah untuk pemula

ISO Priority Mode program

Program atau umumnya disebut mode program merupakan mode pada kamera digital khususnya DSLR dan biasa disimbolkan dengan huruf P.

Mode Program Kamera DSLR

Pada mode ini, agak berbeda dengan A, S maupun Auto karena disini Anda hanya bisa memilih ISO sementara kamera akan menentukan sendiri nilai aperture dan shutter speed sesuai lingkungan cahaya yang terlihat.

Tentu saja berbeda antara mode Program dengan mode Auto dimana dalam mode Program pengguna tetap memiliki kontrol atas kamera, sedangkan pada mode Auto kamera 100% sudah menentukan semuanya.

Dalam mengenal mode Program, pengguna bisa mengganti nilai aperture dan shutter speed yang ditentukan kamera menggunakan Program Shift sehingga tidak perlu rumit.

Cukup hanya dengan memutar tombol putar dial pada sektor belakang kamera kemudian Anda bisa mengubah nilai aperture beserta shutter speed.

Ketika Anda mengendaki depth of field yang sempit pengguna bisa memutar command dial untuk mengubah nilai aperture lebih kecil bilangannya.

Baca juga:  Bukaan Lensa yang Tajam Pada f/8

Mungkin ada beberapa perbedaan untuk mode ini pada merek kamera. Di Canon EOS D60 sebagai contoh, Anda dapat bisa memanfaatkan program shift dengan memencet shutter separuh kemudian memutar tombol main dial dibelakang.

Mode Program kadang-kadang juga disebut dengan ISO Priority Mode program. Ini karena pengguna masih dapat menentukan ISO dan kamera menentukan parameter lain seperti SS dan A.

Ingat, segitiga exposure terdiri atas ISO, shutter speed dan aperture. Pada sektor ini berarti kamera menentukan shutter speed dan aperture sendiri.

Selain ISO, mode program lampu kilat (flash) juga harus di aktifkan secara manual oleh sang pengguna.

Silahkan mencoba mode Program dengan memutar bulatan mode menjadi P.

 

Mengenal Mode Program Kamera DSLR

You May Also Like

About the Author: Lentera Digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *