Ketahui Menu Utama pada Kamera DSLR Nikon

Kamera DSLR Nikon

Mungkin Anda banyak menemui kasus dimana ada seseorang yang membeli kamera DSLR namun tidak ternyata dapat mengoperasikannya. Namanya juga pemula, wajar saja. Tetapi jika mau belajar sebenarnya cukup mudah untuk menguasai kamera DSLR. Bila ada teknik yang akan dipelajari, Anda juga harus mengenal menu kamera DSLR yang dianggap paling utama serta sering digunakan.

Menu Utama pada Kamera DSLR Nikon

Pada artikel kali ini kami secara khusus akan menuliskan secara lengkap mengenai mengenal menu kamera DSLR dari merek Nikon, salah satu brand terlaris. Secara umum hampir pada seluruh DSLR Nikon dibuat menggunakan tampilan menu yang hampir sama, meskipun ada juga ternyata juga banyak perbedaannya. Sebagai contoh adalah semakin mahal kamera, maka fitur semakin banyak.

Berikut ini adalah beberapa menu utama yang ada pada DSLR Nikon.

Playback Menu

Pada menu ini sengaja dikhususkan agar pengguna dapat melakukan review serta pengolahan foto yang telah diambil. Selain menu utama, ada pula sub menu dalam Playback Menu yang diantaranya adalah

Baca juga:  Apakah White Balance itu dalam fotografi?

Detele, pertama adalah delete yang berfungsi untuk menghapus foto secara selektif, maupun menghapus foto seluruhnya, bahkan hanya menghapus data tanggal. Tentu berbeda dengan tombol shortcut yang umumnya digunakan untuk menghapus foto satu per satu.

Menu playback folder, yakni menu untuk menampilkan folder pada memori kamera.

Display mode, yakni menu yang dipakai untuk menentukan apakah pengguna ingin menampilkan RBG, histogram serta data lain pada foto.

Image review, yakni menu untuk mengatur apakah foto akan ditampilkan beberapa saat setelah diambil, dengan opsi lama detikannya.

Rotate Tall, yakni menu untuk merotasi foto portrait agar sesuai pada layar LCD.

Slide Show, menu untuk menampilkan daftar foto secara otomatis. Menggunakan menu ini Anda dapat juga mengatur seberapa detik satu foto akan ditampilkan pada LCD. Bisa juga Anda menambahkan efek transisi ketika jeda pergantian.

Print set (DPOF), sebuah menu cerdas untuk memilih serta mengolah foto yang hendak dicetak. Tentunya fitur ini hanya membuat foto dicetak pada mesin yang kompatibel dengan DPOF.

Baca juga:  Kekurangan DSLR Kelas Entry Level

 

Menu Utama pada Kamera DSLR Nikon

You May Also Like

About the Author: Lentera Digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *