Flash TTL atau Manual? Mana yang lebih bagus?

Flash TTL atau Manual

Judul diatas merupakan pertanyaan yang sebenarnya sangat mudah untuk ditebak. Flash TTL atay Manual, mana yang lebih bagus? Sudah jelas dan sudah pasti adalah flash TTL. Ya, flash jenis TTL sudah dipastikan merupakan flash dengan teknologi terbaik saat ini ketimbang yang masih Manual.

Pilih Flash TTL atau Manual?

Nah, yang menjadi pertanyaan adalah apakah yang disebut flash TTL itu? Sudah tahu yang terbaik namun tidak tahu apa itu TTL. Berikut ini kami akan memberikan penjelasan secara lengkap tentang Flash TTL dan kelebihannya.

TTL merupakan singkatan dari Through-the-lens. Ini merupakan sebuah teknologi yang ada dalam fotografi khususnya peralatan lampu kilat. TTL adalah metode cara mengukur cahaya berdasarkan apa yang diterima sensor dari lensa kemudian menjadi penyesuaian untuk pengatur kekuatan seberapa besar lampu kilat akan menyala.

Atau mungkin istilahkan sama dengan pengaturan AutoLamp yang dilakukan dengan cara menembus lensa kamera. Sistem Through The Lens ini tentu saja membutuhkan sensor yang diletakkan pada kamera yang dilengkapi pemisah arah sinar yang dapat meneruskan cahaya ke sensor tersebut.

Baca juga:  Cara Memotret Air Terjun Agar Lebih Dramatis

Pada Flash TTL Anda tinggal menyalakan mode TTL dan biarkan head lamp flash mengarahkan ke depan atau direct. Nantinya flash akan secara otomatis menyalakan lampunya dengan kekuatan yang sudah disetel secara otomatis.

Ini bisa membuat foto yang dihasilkan lebih pas exposurenya, tidak underexposure dan tidak overexposure. Berbeda dengan flash Manual yang harus di setel kekuatannya secara Manual, ketika Anda maju maka flash harus dikurangi, ketika mundur flash harus di tingkatkan kekuatannya. Lebih merepotkan memang.

Namun Flash canggih dengan TTL tentu saja memiliki banderol harga lebih mahal. Cukup jarang bahkan kemungkinan tidak ada flash TTL yang berharga dibawah 1 juta. Umumnya adalah diatas 1 juta sampai 5 jutaan.

 

Flash TTL atau Manual?

You May Also Like

About the Author: Lentera Digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *