Plugin Nik Software

Plugin Nik Software Penting Untuk Edit Foto

Diposting pada

Apakah kamu pengguna Adobe Photoshop? Ya, software yang satu ini memang sangat penting untuk mengedit foto, melakukan retouch dan memperbaiki foto. Software yang super cerdas karena kemampuan manipulasi gambar, tentunya dengan skill pengguna yang handal.

Nah, pada Photoshop dikenal dapat pasang plugin, yakni software tambahan yang bisa menghadirkan fungsi atau menu lebih pada Photoshop.

Plugin-plugin Photoshop umumnya berbayar meski tersedia juga yang gratisan. Salah satu plugin terpopuler adalah Nik Software, yakni plugin yang berisi banyak sekali menu yang merupakan color efek guna memperindah maupun memperbaiki foto yang sedang di edit.

Jumlah menu yang disediakan oleh Nik Software cukup banyak mencapai lebih dari 30. Nah, kira-kira dari color efek atau menu plugin Nik Software sebanyak itu, mana yang dianggap paling penting dan sering digunakan?

BW Conversion

Pertama adalah BW Conversion, yakni menu dari Nik Software yang berguna untuk menjadikan foto berwarna menjadi hitam-putih. Foto BW bisa menambah kesan dramatis dan memiliki keunikan tersendiri. Dengan BW Conversion terdapat beberapa setting membuat BW agar bisa dikustomisasi.

Baca juga:  ISO Sebagai Pengukur Kepekaan Sensor Kamera Terhadap Cahaya

Dymanic Skin Softener

Kedua adalah Dynamic Skin Softener, yakni fitur untuk membuat foto menjadi lebih soft alias lembut. Sangat cocok untuk mengedit foto portrait terutama memperbaiki teksur kulit manusia yang terlihat kasar. Anda dapat mengatur seberapa lembut foto, seberapa halus sesuai keinginan sendiri.

Indian Summer

Indian Summer sangat bagus untuk menghasilkan tone-tone warna khas pada musim kemarau. Biasanya sering digunakan pada foto-foto landscape. Anda akan melihat bahwa daun-daun hijau pada foto akan berubah menjadi oranye sampai kekuningan seperti ketika sedang musim panas atau kemarau.

Detail Extractor

Salah satu menu dari Nik Software yang luar biasa karena dapat memunculkan detail-detail foto yang tidak terlihat pada file asli. Ya, fitur ini cocok untuk mengedit sebuah foto biasa menjadi foto HDR.

Vignette

Untuk menambah kesan yang dramatis dan mempertegas point of interest, Anda bisa menggunakan menu Vignette. Menu ini memungkinkan bagian pinggir gambar akan lebih gelap atau under exposure. Jarak gelap Vignette dapat diatur sesuai yang Anda inginkan.

Baca juga:  Mengenal Fungsi Stabilizer Lensa Kamera DSLR

White Neutralizer

Foto Anda memiliki tonal yang kurang netral? Mungkin warna cenderung ke kuning, merah atau biru? Tidak perlu cemas karena solusinya adalah dengan White Neutralizer. Efek ini akan membuat foto menjadi warna netral tone-nya.

 

Plugin Nik Software Penting Untuk Edit Foto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *