Ganti Oli Motor dengan Acuan Hitungan Kilometer

Ganti Oli Motor dengan Acuan Hitungan Kilometer

Banyak orang yang masih mengandalkan hitungan kilometer atau jarak tempuh sebagai patokan waktu untuk mengganti oli mesin motor. Dengan kata lain, seberapa jauh kendaraan telah digunakan dan itulah yang akan menentukan apakah oli mesin sudah harus diganti atau tidak. Lalu, apakah hitungan kilometer masih menjadi acuan mengganti oli motor itu tepat?

Acuan Hitungan Kilometer untuk Ganti Oli Motor

Untuk menentukan waktu yang tepat mengganti oli bukanlah hal yang mudah meskipun ada rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia. yang juga menyarankan waktu ganti oli berdasarkan jarak yang sudah ditempuh. Namun ternyata ada beberapa faktor yang memengaruhinya.

Umumnya, oli motor harus diganti di kilometer 3.000 sampai 5.000. Jadi, ketika motor anda sudah mencapai interval ini, anda wajib mengganti olinya. Jika anda tidak mengganti olinya, memang mesin dan performa motor masih terasa normal. Namun, kualitas oli yang buruk akan membuat mesin bermasalah nantinya.

Menentukan kapan oli motor harus diganti juga bisa dilihat dari kilometer harian. Untuk pemakaian sekitar 20-50 kilometer sehari, penggantian oli sebaiknya dilakukan setiap satu setengah bulan. Jika jarak tempuh di atas 50 kilometer dalam satu hari, sebaiknya ganti oli motor matik sebulan sekali.

Inilah beberapa informasi yang dapat berguna bagi Anda tentang acuan kapan mengganti oli.

Usia motor

Saat pertama kali membeli motor, Anda akan dianjurkan untuk melakukan servis sekaligus mengganti oli saat sudah mencapai kilometer 1.000 atau 1 bulan pertama pemakaian sepeda motor. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan.

Penggantian oli wajib dilakukan di bulan pertama pemakaian untuk membuang kotoran hasil gesekan komponen mesin seperti piston, ring piston, dan blok yang tertinggal. Untuk motor yang sudah cukup lama digunakan, oli motor tetap harus diganti secara berkala sesuai dengan pemakaiannya.

Seberapa lama Anda berkendara vs. seberapa jauh Anda berkendara

Coba perhatikan bagaimana Anda berkendara setiap harinya. Apakah Anda sering terjebak macet? Dalam situasi lalu lintas yang macet, mesin sepeda motor Anda meskipun sesuai rekomendasi Oli Motor Matic terbaik di Indonesia, akan bekerja lebih intens jika dibandingkan dengan berkendara di lalu lintas yang lancar.

Jika memang jalur yang Anda ambil sering macet, sebaiknya Anda menggunakan hitungan waktu lamanya berkendara sebagai acuan penggantian oli. Sebaliknya, jika Anda mengendarai motor untuk jarak jauh (sekitar 20-50 kilometer) setiap harinya, ada baiknya jika Anda memilih jarak tempuh motor sebagai acuan.

Singkatnya, hitungan kilometer sudah bukan lagi satu-satunya acuan untuk mengganti oli. Berkendara sejauh 10 kilometer memiliki dampak yang berbeda, tergantung dari situasi pada saat berkendara. Langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah memahami penggunaan sepeda motor harian Anda.

Jika Anda sudah benar-benar memahaminya, Anda tinggal memilih acuan mana yang lebih pas: seberapa lama Anda berkendara atau seberapa jauh. Perhatikan juga usia motor dan dalam keadaan apa pun, usahakan untuk selalu rutin mengganti oli setidaknya sebulan sekali, apakah itu motor matic maupun memilih Jenis Oli Terbaik untuk Motor Bebek

 

Ganti Oli Motor dengan Acuan Hitungan Kilometer

You May Also Like

About the Author: Lentera Digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.