Bukaan Lensa yang Tajam Pada f/8

Bukaan Lensa yang Tajam

Kemampuan lensa yang bisa di setel Aperture atau bukaan memang sangat membantu, khususnya untuk mendapatkan cahaya lebih banyak, membatasi cahaya yang masuk, termasuk untuk menghasilkan ketajaman yang bokeh, maupun tajam seluruhnya.

Anda mungkin sudah paham tentang bagaimana membuat foto bokeh yakni dengan membuka Aperture selebar-lebarnya. Khususnya pada lensa prime/fixed yang bisa mencapai f/1.8 atau f/1.4 dimana hasil foto akan memiliki Depth of Field lebih tipis.

Namun saat ini kita sedang tidak akan membicarakan tentang bokeh atau blur latar belakang maupun latar depan.

Yang sedang dibahas adalah bukaan lensa berapa yang dianggap memiliki ketajaman bagus, maksimal dan memang paling terbaik dibandingkan bilangan lain?

Jawabannya tergantung lensa apa yang Anda pakai. Banyak yang menyarankan penggunaan f/8 adalah bukaan yang paling bagus, dan biasanya dari kalangan fotojurnalis/wartawan foto menyarankan penggunaan bukaan ini.

F/8 dianggap memiliki ruang tajamnya cukup luas, sehingga jika Anda motret dengan f/8 maka ketajaman foto lebih maksimal meskipun mungkin autofokusnya sedikit meleset.

Baca juga:  Pengertian Megapixel Pada Kamera Digital

Hampir sebagian besar lensa sangat bagus ketika disetel pada bukaan f/8. Sangat cocok untuk pemotretan group, landscape, bahkan studio dan portrait.

Bagaimana dengan bukaan lainnya? Pada lensa kit Anda juga bisa disarankan penggunaan dengan bukaan f/5.6. Tentu sangat cocok karena ketika di zoom, bukaan akan tetap pada bilangan tersebut.

Namun jika Anda ingin menghasilkan foto bokeh/blur latar belakang pastinya harus menggunakan bukaan lebih lebar seperti f/1.8, f/2.8 maupun f/1.4.

 

Bukaan Lensa yang Tajam Pada f/8

You May Also Like

About the Author: Lentera Digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *