Megapixel kamera digital

Pengertian Megapixel Pada Kamera Digital

Diposting pada

Pertama kali orang membeli kamera pastinya akan berpatokan dengan besaran Megapixel. Atau mungkin orang akan menganggap kamera ponselnya lebih baik jika memiliki Megapixel yang besar. Jika memang Anda berpikir demikian, artinya Anda belum memahami sepenuhnya mengenai pengertian Megapixel kamera digital.

Pengertian Megapixel Kamera Digital

Tidak salah jika Anda memang beranggapan bahwa kamera bagus adalah kamera yang memiliki Megapixel besar. Namun ternyata Megapixel besar tidak selalu membuat kamera menjadi berkualitas baik. Hal itu tentu tergantung dari kualitas komponen kamera secara keseluruhan, terutama bagian sensor sebagai “nyawa” kamera.

Jadi orang-orang yang mempercayai bahwa kamera dengan Megapixel besar lebih bagus, sepenuhnya adalah mitos. Pastikan Anda menjadi pembaca yang baik dan tidak termakan oleh mitos-mitos tersebut.

Pengertian Megapixel kamera digital adalah representasi sebuah titik terkecil pada sebuah gambar grafis atau hasil foto yang dihitung per incinya. Megapixel sendiri berasal dari Mega yang berarti satuan juta, sedangkan Pixel adalah titik elemen (picture elemen) gambar seperti yang dijelaskan diatas.

Jadi Megapixel merupakan sejuta titik elemen gambar. Dari sini Anda sudah bisa mengerti bahwa suatu gambar digital dari kamera dibentuk oleh ribuan titik elemen tersebut. Sehingga semakin tinggi jumlah Megapixel, maka memungkinkan semakin tinggi pula resolusi gambarnya.

Baca juga:  Hasil Lensa Manual Fujinon 55mm f/1.8

Setiap pixsel yang menyusun sebuah foto membawa informasi yang menentukan warna (hue), kekuatan warna foto (saturation) serta seberapa terang warna yang bisa ditampilkan (brightness).

Berbeda halnya dengan fotografi film yang tidak mengenal titik elemen, karenanya pada kamera film Anda bisa saja mencetak foto ukuran 10 meter persegi tanpa pecah meskipun dengan kamera biasa jika peralatannya memadai. Foto yang terdiri dari jutaan piksel (1 megapiksel = 1 juta piksel), memungkinkan mata manusia sudah tidak dapat mengenali lagi sebuah piksel secara terpisah-pisah seperti kotak-kotak.

Alhasil yang bisa terlihat hanyalah satu kesatuan utuh sebuah foto dengan gradasi halus antara terang-gelap, serta pergeseran warna maupun tone. Nah, salah satu cara untuk melihat pixel secara gamblang adalah dengan melakukan zooming di komputer sebuah foto yang memiliki ukuran kecil.

Sebagai contoh dengan foto 600 × 450 pixel Anda perkecil resolusinya menjadi sekitar 100 x 75 pixel. Dengan preview hampir sama dengan ukuran sebelumnya, maka terlihat foto akan pecah dan membentuk kotak-kotak seperti permainan puzzle. Disinilah Anda melihat pixel demi pixelnya dan fenomena tersebut biasa disebut pixelate.

Baca juga:  Fungsi Aperture Pada Kamera DSLR

Jadi apa fungsi utama dari Megapixel?

Sederhananya, Megapixel kamera khususnya hanya akan menentukan besar atau kecilnya hasil gambar yang dibuat.

Apakah semakin besar Megapixel kamera menjadikan hasil foto lebih bagus?

Tidak, karena yang menentukan hasil gambar bagus adalah kualitas sensor. Jika dibandingkan, sebuah kamera yang memiliki spesifikasi 6 Megapixel dengan fisik sensor lebih besar akan menghasilkan gambar lebih bagus dibandingkan kamera 6 Megapixel dengan fisik sensor kecil.

Atau pada DSLR Nikon D4 (diatas 50 juta) dengan 16.2 Megapixel sangat unggul karena memiliki sensor Full Frame FX dibandingkan Nikon D3300 (7 jutaan) dengan 24.2 yang memiliki sensor versi crop factor DX kecil.

Jadi Megapixel tidak berpengaruh apa-apa terhadap kualitas gambar?

Tidak juga, karena pixel merupakan titik (DOT) sebagai pembentuk gambar. Jadi salah satu pengaruh besar dari Megapixel adalah pada detail foto. Jika semakin besar Megapixel maka detail lebih baik, terutama saat melakukan croping. Anda bisa lebih leluasa dalam hal croping.

Jadi apakah Megapixel besar tidak berguna?

Tergantung kebutuhan, jika Anda adalah orang yang suka mencetak foto menjadi banner atau berukuran besar maka hal ini menjadi penting.

Baca juga:  Pilih Kamera DSLR Canon atau Nikon?

Sebagai contoh dengan foto yang dihasilkan kamera 8 megapixel, memungkinkan akan menghasilkan ukuran maksimal mencapai 3.264 x 2.448 pixel. Apabila dikalikan maka akan menghasilkan angka 8.001.700 pixel.

Pada ukuran ini Anda bisa maksimal mencetak foto dengan kualitas terjaga mencapai sekitar 10,89 x 8,17 inci atau setara 27,6 x 20,7 cm. Atau mungkin dengan resolusi 12 Megapixel bisa maksimal cetak 14,30 x 9,34 inchi setara 37 x 24 cm (300 dpi).

Namun jika Anda jarang menggunakan foto untuk di cetak ukuran besar sepertinya Megapixel besar menjadi sangat percuma. Apalagi bagi Anda yang hanya share foto ke jejaring sosial. Besarnya Megapixel justru merepotkan karena Anda harus melakukan croping lebih banyak untuk proses upload lebih cepat.

Jangan terbuai dengan produk kamera yang memiliki Megapixel besar. Hal ini karena 95% konsumen kamera sangat percaya bahwa Megapixel besar akan memberi hasil yang semakin baik. Tentu saja ini adalah mitos.

Yang terpenting adalah kualitas sensor, image processor dan software dalam kamera. Dan untuk menghasilkan foto memuaskan pastikan Anda jeli dalam mengatur segitiga exposure, bukan mengandalkan Megapixel.

 

Pengertian Megapixel Pada Kamera Digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *