Lensa Manual ulir M42 – Apakah itu?

Lensa Manual ulir M42

Lensa M42? Apakah itu, apakah sebuah jenis lensa baru atau jenis lensa bukan untuk DSLR? Ternyata ini jenis lensa lama bahkan sebelum lensa AutoFocus ada. M42 merupakan jenis salah satu mount lensa manual fokus, jadi M42 lebih merujuk pada mount lensa (trap bagian belakang).

Lensa Manual ulir M42

Jaman dahulu kamera SLR film memiliki mount yang bermacam-macam dan untuk penggunaan lensa memerlukan sebuah adapter. Komponen adapter berguna menyambungkan mount lensa M42 dengan mount kamera.

Mount M42 sendiri pertama kali digunakan pada produk fotografi asal Jerman yakni Zeiss Contax S pada tahun 1949 dan kemudian menjadi terkenal serta banyak digunakan untuk produk fotografi lensa Jepang seperti merk Praktica.

Sementara di negara Amerika Serikat sendiri, mount M42 dipopulerkan oleh merk Pentax, sehingga saat ini M42 identik dengan produk Pentax dan sering disebut juga sebagai Pentax mount.

Asal kata M42 sebenarnya berasal dari standar ukuran mounting lensa yaitu dengan rincian 42 x 1 mm, dimana diameter mount lensa hanya 42mm serta jarak antar ulirnya berkisar 1 mm. Kelebihan yang dimiliki lensa dengan mount M42 adalah, penggunaannya yang bisa untuk hampir di semua merk kamera DSLR dengan memanfaatkan adapter.

Baca juga:  4 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Lensa Tele

Jadi kamera modern Anda tentu saja bisa dipasang lensa-lensa jadul SLR. Apakah adapter M42 itu mahal?

Ternyata tidak, itu hanyalah sebuah plat yang hanya menyambungkan dan harganya sangat terjangkau sekitar beberapa puluh ribu saja. Kecuali adapter yang memiliki tambahan kaca optik, namun tidak terlalu diminati karena akan mengurangi kualitas dan ketajaman.

Hal yang paling sering diatanyakan adalah DSLR merek apa saja yang bisa menggunakan lensa jadul jenis Mount M42 ini? Semuanya, baik itu DSLR modern Canon, Nikon, Pentax, Sony, Olympus dan DSLR lainnya. Kuncinya Anda tinggal membeli adapter M42 sesuai DSLR yang hendak dipasang.

Sebagai contoh Anda memiliki Fujinon 50mm f/1.8 dan hendak dipasang pada Canon 7D. Anda hanya cukup membeli adapter M42 untuk Canon, jika hendak dipasangkan pada DSLR Pentax maka Anda harus beli adapter M42 untuk Pentax. Bagaimana jika tidak menggunakan adapter?

Baca juga:  Teknik Menggunakan Kamera DSLR untuk Fotografer Newbie

Tentu saja tidak bisa karena beda ulir, kecuali dilakukan perombakan mount lensa. Istilah populernya adalah “oprek mount” dan ini bisa dilakukan dengan bantuan profesional yang biasanya adalah ahli servis lensa, jasa oprek lensa, dan lain-lain. Mount M42 nantinya di rombak menjadi mount sesuai kamera.

Dengan penggunaan adapter apakah dapat mengurangi kualitas hasil foto? Jawaban ini tentu saja relatif karena pada lensa M42 ada 2 macam jenis adapter.

Pertama adalah adapter biasa yang hanya berupa plat besi. Untuk adapter ini tentu saja tidak akan mengurangi hasil foto karena optik langsung berhadapan dengan sensor tanpa adanya penghalang elemen lain. Kami sarankan Anda menggunakan adapter biasa karena selain murah, tidak akan merubah hasil kualitas.

Sementara adapter jenis satunya lagi adalah adapter M42 yang memiliki tambahan optik. Kemungkinan dibuat untuk menambahkan fitur infinity karena pada DSLR tertentu memiliki perbedaan struktur optik yang menyebabkan tidak dapat melakukan fokus tidak terhingga. Karena adanya tambahan optik otomatis kualitas hasil foto akan menurun, tidak original karena ada elemen didepan sensor menuju optik lensa.

Baca juga:  ISO Sebagai Pengukur Kepekaan Sensor Kamera Terhadap Cahaya

Lensa-lensa manual M42 umumnya dibuat sekitar 15, 20, 30 tahun yang lalu, bahkan bisa lebih lama lagi sampai 50 tahun yang lalu. Produk lensa jadul banyak ditemukan pada forum jual beli online, harganya murah namun ketajamannya sangat bagus bahkan memiliki karakter warna yang cukup unik dibandingkan lensa-lensa modern.

Dan satu hal yang cukup menarik bahwa lensa jadul umumnya dibuat dengan material besi, sangat kuat, kokoh dan tahan lama. Berbeda dengan lensa-lensa modern yang sudah banyak dibuat dengan bahan material magnesium alloy bahkan plastik yang ringkih.

 

Lensa Manual ulir M42

You May Also Like

About the Author: Lentera Digital

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *