lensa kamera

Mengenal Lensa Extender Teleconverter

Diposting pada

Extender atau teleconverter lensa mungkin menjadi sebuah aksesoris yang tidak asing bagi para penggemar fotografi. Ya, aksesoris fotografi ini memiliki fungsi yang unik yakni untuk memperpanjang jangkauan focal length dari sebuah lensa.

Extender/teleconverter dapat terpasang diantara body kamera dengan lensa, dan pastinya seperti halnya sebuah lensa akseosris ini memiliki elemen optik didalamnya sehingga dapat meningkatkan perbesaran (magnification) dari lensa.

Setidaknya ada dua Extender/Teleconverter yang dibuat oleh perusahaan fotografi Canon diantaranya adalah Canon EF 1.4x Mark III serta yang kedua adalah Canon EF 2x Mark III. Kedua jenis extender ini sengaja dirancang untuk dapat digunakan pada lensa-lensa khusus buatan Canon. Keduanya aksesoris tersebut mempergunakan teknologi dan komponen yang bagus sehingga dapat menghasilkan kualitas gambar yang tidak terlalu drop.

Selain elemen optik, aksesoris Extender dan Teleconverter terdapat komponen elektronik dan prosesor yang dapat menghubungkan komunikasi antara lensa serta body kamera. Wow, canggih bukan? Lalu apa konsekuensinya?

Baca juga:  Inilah Kelebihan Flash Eksternal Dibandingkan Flash Internal

Harganya yang menjadi melambung tinggi, teleconverter Canon harganya masing-masing dibanderol sekitar Rp. 4 Juta. Fungsi Extender/Teleconverter pada penggunaan di lensa 300mm yang dipasangkan ke extender EF 2x Mark III, maka secara otomatis focal length lensa dapat berubah menjadi ukuran focal length 600mm.

Sayangnya meskipun memiliki keunggulan memperbanyak focal length, masalah kedua dari aksesoris ini adalah pengaruhnya kepada kecepatan motor autofokus yang berpotensi bisa berkurang. Sedangkan untuk Minimum Focusing Distance juga tidak akan terpengaruh sehingga Anda harus lebih cermat dalam memotret.

Yang pasti Anda harus memahami bahwa tidak ada extender yang sempurna, serta extender apapun akan berpotensi mengurangi kualitas foto secara keseluruhan seperti ketajaman dan warna. Tidak hanya itu saja, extender juga akan bakal mempersempit aperture maksimal lensa.

Sebagai contoh pada Extender Canon EF 1.4x III dapat mengurangi aperture maksimal sebanyak satu stop, alias menjadi mengecil. Sedangkan pada EF 2x III lebih banyak lagi karena bisa mengurangi aperture maksimal sebanyak 2 stop.

Baca juga:  Teknik Menggunakan Kamera DSLR untuk Fotografer Newbie

Sebagai contohnya saat dipasang di lensa 300mm f/2.8, extender EF 2x bakal menambah focal length dua kali tetapi juga akan mengurangi bukaan maksimal sebanyak dua stop. Dari angka f/2.8 akan berkurang menjadi lensa 600mm f/5.6. Tentu berpengaruh pada maksimal cahaya yang diperoleh.

Anda menganggap aksesoris Canon ini mahal? Ada alternatifnya, yakni produk Extender Lensa Alternatif third party Kenko teleconverter extender Kenko yang bisa dipasangkan pada beberapa lensa produk Canon maupun Nikon, serta memang sengaja dirancang untuk dipakai oleh lensa EF pada focal length diatas 100mm, tetapi akan lebih optimal digunakan diantara focal length 200 hingga 400mm.

Teleconverter Kenko harganya lebih murah, yakni hanya berkisar Rp 1,5 Juta dan tetap mempertahankan komunikasi elektronis antara lensa dengan kamera, sehingga autofokus serta fitur IS/VR akan tetap berjalan.

 

Mengenal Lensa Extender Teleconverter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *